SMP Negeri 1 Lawang

Jl. Sumber Taman No. 50 Lawang Kab. Malang

Berprestasi dalam Imtaq dan Iptek, Berwawasan Lingkungan

Kegiatan BDR

Minggu, 17 Mei 2020 ~ Oleh SMP Negeri 1 Lawang ~ Dilihat 47 Kali

Merebaknya virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 di Indonesia, mengakibatkan para siswa melakukan kegiatan Belajar di Rumah atau disingkat dengan BDR. Tak terkecuali di SMP Negeri 1 Lawang, dimulai dengan tanggal 16 Maret 2020, siswa mulai melakukan kegiatan BDR yang direncanakan dilakukan selama 2 minggu atau 14 hari.

Setumpuk tugas dibekalkan ke siswa pengganti kegiatan belajar di sekolah. Diharapkan siswa tidak melabeli kegiatan ini sebagai liburan, tetapi tetap seperti sekolah, mengerjakan tugas, tetapi dilakukan di rumah. Bapak dan ibu guru membekali siswa dengan pesan-pesan selama kegiatan BDR, mulai dari protokol pemerintah tentang pencegahan virus Covid-19 hingga tugas-tugas mata pelajaran sehingga ketika masuk sekolah, 2 minggu berikutnya, tugas-tugas telah selesai.

Karena 2 minggu atau 14 hari yang diperkirakan cukup untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 ternyata masih kurang dan kondisinya masih mengkhawatirkan, sehingga kegiatan BDR pun diperpanjang 1 minggu, atau hingga 5 April 2020. Bapak dan ibu guru mulai merancang aktivitas baru untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh, karena bagaimanapun juga pembelajaran harus tetap berlangsung, sekalipun siswa berada di rumah. Kaur Kurikulum pun menyusun jadwal belajar di rumah untuk menghindari tumpang tindihnya guru-guru melakukan pembelajaran di rumah.

Seiring berjalannya waktu, nampaknya virus Corona masih belum mau pergi dari tanah air Indonesia, sehingga demi mencegah semakin berkembangnya penularan virus ini, pemerintah melalui Menteri Pendidikan hingga Kepala Dinas Pendidikan meluncurkan edaran tentang perpanjangan masa BDR.

Edaran I Perpanjangan BDR Dispendik Kab Malang

Nampaknya, kegiatan BDR (atau libur) ini terasa terlalu panjang bagi siswa. Anak-anak merindukan bertemu dengan teman-temannya dan guru-gurunya. Belajar di rumah mulai terasa menjenuhkan, namun kegiatan belajar tetap harus berlangsung. Menteri Pendidikan pun meminta agar kegiatan BDR tidak lagi menuntaskan materi pelajaran, namun memberi pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Melalui edaran tersebut, kegiatan BDR yang sedianya selesai tanggal 5 April 2020 diperpanjang hingga 21 April 2020.

Genap sudah 1 bulan siswa tidak bersekolah. Mereka benar-benar gundah dan ingin sekali merasakan sekolah lagi. Namun apa daya, virus Covid-19 tidak juga segera hilang. Jangankan hilang, berkurang pun tidak. Sehingga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mengeluarkan edaran lagi untuk perpanjangan masa BDR.

Edaran II Perpanjangan BDR Dispendik Kab Malang

Edaran ini memperpanjang kegiatan BDR hingga tanggal 1 Juni 2020. Dan siswa akan masuk sekolah pada tanggal 2 Juni 2020. Dengan ini maka siswa langsung mendapatkan masa libur hari Raya di rumah, dan masuk sekolah setelah libur hari Raya.

Hingga tulisan ini dibuat, semua pihak menunggu, semoga pemerintah bersama rakyat Indonesia mampu mengatasi serangan virus Covid-19, sehingga aktivitas pembelajaran di sekolah dapat berlangsung dengan normal. Aamiin.

 

 

Belajar Rumah Corona Virus Covid

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Endik Yuliasto, S.Pd, M.Pd

Assalamu'alaikum Wr. Wb.           Alhamdulillah, puji syukur kita haturkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut Anda sekolah dan seluruh siswa, guru, karyawan, orang tua/wali siswa serta masyarakat memerlukan website sekolah ini?

LIHAT HASIL